Tips sederhana Cara membedakan Laptop/notebook Garansi Resmi dan Bukan. Saat seorang ingin membeli laptop atau notebook baru bukan laptop bekas, tentu masalah harga sangat dipertimbangkan. Perbedaan harga pada toko satu dengan yang lainnya kadang jauh berbeda, padahal secara umum penjual ingin mendapatkan citra dari konsumen bahwa toko yang dimilikinya menjual dengan harga murah. Perbedaan harga kadang disebabkan karena barang yang dijual merupakan laptop/notebook resmi atau bukan, atau dalam istilah penjualan disebut Black Market (BM), Pararel Impor (PI) atau Garansi Distributor. Lantasbagaimana cara membedakan Laptop/notebook Garansi Resmi dan bukan ?

Menurut ilmu yang saya dapatkan, Berikut Cara membedakan laptop resmi dan bukan:

  1. Berhati-hatilah atau waspada dengan toko yang mengatakan barang yang mereka jual adalah garansi resmi.
  2. Biasanya produk resmi ada stiker resmi dari masing-masing merek laptop.
  3. Tanyakan kartu garansinya ke penjualnya
  4. Cek kartu garansi, apakah dikeluarkan oleh distributor resmi atau tidak
  5. Jika garansi resmi, maka nomor telepon service center pasti tercantum disana, caling saja bila perlu.
  6. Kadang ada beberapa produsen saat ini yang juga menyediakan registrasi serial number, maka segera registrasikan bila memang produsen menyediakan fasilitas tersebut.

Catatan:
Produk Pararel Impor /PI tidak ada garansi nasional. Tapi kadang ada toko yang berani menjual dengan garansi 1 tahun. Maksudnya jika nanti ada masalah kerusakan, dll, toko akan membantu mengirim barang ke cervice center / vendor (garansi internasional). Atau ada barang yang memang digaransi oleh distributor (garansi toko).

Sedangkan barang Black Market (BM) tentu tidak ada garansinya. Kadang ada toko yang mencoba menawarkan garansi toko 1 tahun, artinya toko berjanji melayani sendiri dengan klaim garansi. Yang jelas tidak tidak ada garansi RESMI sama sekali baik nasional maupun internasional.

Jika anda masih yakin dengan harga yang murah, tentu boleh-boleh saja. Artinya garansi tidak menjadi pertimbangan, dengan kata lain kalo nanti ada masalah seputar klaim garansi ya .. harus rela menerima, beruntung jika barang yang dibeli tahan lama. Sudah murah, awet lagi. Semuanya ada pada keberuntungan anda. Selamat berbelanja Laptop !

Iklan